Contact Online

banner image

Recent Post

13 PRINSIP DASAR NETWORK POWER MANAGAMENT

1.Visi (Principle of Organizational Objective)
Apa visi Anda mendirikan perusahaan/organisasi/koperasi/bumdes?
Apakah tujuan Anda adalah mendapatkan laba,atau menyelesaikan masalah dan menyediakan layanan?
Anda harus mendefinisikan dulu visi Anda karena visi yang bagus adalah yang menggerakkan diri sendiri dan menggerakkan orang lain untuk membantu Anda.

2.Kesatuan Visi (Principle of Unity of Objective)
Tanpa adanya kesatuan tujuan antar individu maka tujuan perusahaan tidak akan tercapai. Setiap individu dalam perusahaan akan berlomba-lomba untuk mencapai tujuan mereka sendiri-sendiri dan mengabaikan tujuan yang lebih besar, yaitu tujuan perusahaan. Oleh karena itu, Anda perlu menanamkan kesepakatan untuk menyatukan visi setiap stakeholder dalam perusahaan Anda.

3.Kesatuan Perintah (Principle of Unity of Command)
Diperusahaan manapun,pada upaya pencapaian tujuan harus ada SATU komando untuk memerintah timnya.Agar sebuah perintah dapat dipertanggung jawabkan oleh satu orang saja. Dengan demikian, tim Anda bisa secara maksimal dalam satu komando yang bertanggung jawab.

4.Rentang Kendali (Principle of The Span of Management)
Anda harus tahu berapa rentang jumlah bawahan yang dapat dipimpin oleh seorang manajer secara efektif.
3,4,9 orang ? Dengan mengetahui kecakapan manajer, penunjukan personel dan pendelegasian tugas bisa jadi lebih mudah.

5.Pendelegasian Wewenang (Principle of Delegation of Authority) Prinsip ini yaitu bagaimana seorang pimpinan dapat membagi tugas pada individu disetiap. divisinya dengan jelas. Manajer sebagai pemimpin juga harus bisa mengetahui apa saja tugas dan perintah yang telah didelegasikan pada bawahannya untuk menjalankan fungsi kontrol dengan baik.

6.Keseimbangan Wewenang &Tanggung jawab (Principle of Parity of Authority)
Tanggung jawab yang didelegasikan oleh pimpinan pada bawahan harus seimbang dengan wewenangnya. Salah satunya tidak boleh lebih besar atau lebih kecil agar bawahan bisa melaksanakan tanggung jawab yang didelegasikan tanpa hambatan.

7.Tanggung Jawab (Principle of Responsibility)
Seorang bawahan hanya mempertanggung jawabkan tugasnya kepada pemberi wewenang. Sehingga pertanggung jawaban bisa sesuai dengan garis wewenang (line of authority). Maka seorang manajer perlu memberikan sebuah deadline.

8.Pembagian Kerja (Principle of Departementation)
Pembagian tugas dalam satu unit kerja harus memiliki hubungan pekerjaan yang saling terkait. Sangatlah penting agar divisi-divisi dalam perusahaan Anda untuk memiliki job description yang lebih terstruktur.

9.Penempatan Personalia (Principle of Personnel Placement) Penempatan karyawan harus didasarkan pada keahlian, kecapakan dan keterampilannya, istilahnya adalah The Right Man On The Right Place. Oleh karena itu Anda harus melakukan seleksi yang obyektif dan berpedoman pada job specification untuk membuat sebuah perusahaan berjalan dengan optimal.

10.Jenjang Berangkai (Principle of Scalar Chain)
Perintah yang diberikan kepada bawahan harus merupakan perintah yang sifatnya vertikal dan tidak terputus-putus. Maksudnya adalah perintah yang langsung dan jelas dari atasan kepada bawahan yang kedudukannya tepat dibawah garis kuasanya, tanpa melompati satu atau lebih jenjang kedudukan.

11.Efisiensi(Principle of Efficiency)
Sebuah perusahaan harus bisa menempatkan dimana tugas yang harus dikerjakan terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Artinya, apabila sebuah tugas bisa dikerjakan dengan waktu singkat, tidak ada salahnya dikerjakan tanpa adanya penundaan. Waktu Anda bisa jadi lebih efisien untuk melaksanakan tugas selanjutnya.

12.Kesinambungan (Principle of Continuity)
Perusahaan harus mengusahakan cara-cara yang mampu menjaga kelangsungan hidupnya dan anggota didalamnya. Peran Anda disini adalah menanamkan faham betapa pentingnya melakukan sebuah pekerjaan secara kesinambungan atau kontinuitas karena jika ditinggalkan dapat membuat perusahaan Anda kolaps atau bangkrut sewaktu-waktu.

13.Koordinasi (Principle of Coordination) Asas koordinasi adalah rangkaian dari asas-asas lainnya. Fungsinya untuk mengintegrasikan setiap tindakan supaya lebih terarah dan tertuju dengan benar pada tujuan awal organisasi Anda.
13 PRINSIP DASAR NETWORK POWER MANAGAMENT 13 PRINSIP DASAR NETWORK POWER MANAGAMENT Reviewed by Gudang Resep Praktis on February 10, 2017 Rating: 5

No comments:

Stay Connected

Powered by Blogger.